JAKARTA - Memasuki bulan suci Ramadan 2025, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengumumkan penyesuaian jam operasional yang lebih singkat guna memberikan kenyamanan kepada karyawan dan nasabah yang menjalani ibadah puasa. Meski demikian, BNI tetap berkomitmen memastikan masyarakat bisa mengakses layanan keuangan secara efektif melalui layanan digital dan kanal lainnya.
Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menyampaikan bahwa perubahan jam kerja ini berlangsung dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB, berbeda dari jam operasional normal yang biasanya berakhir pada pukul 15.00 WIB. "Kami menyadari bahwa kebutuhan transaksi keuangan masyarakat selama Ramadan cukup besar," ujar Okki dalam keterangan tertulis. "BNI tetap hadir melayani nasabah, semua channel BNI siap dalam memfasilitasi transaksi," tambahnya.
Layanan Digital dan E Channel Tetap Prioritas
Dalam upayanya memberikan pelayanan optimal selama Ramadan, BNI memastikan semua layanan transaksi penting seperti penggunaan QRIS, TapCash, kartu debit, dan kartu kredit tetap dapat dilakukan melalui platform digital seperti wondr by BNI, BNI Mobile Banking, SMS banking, BNIdirect, dan jaringan Agen46 yang tersebar di seluruh Indonesia.
Okki Rushartomo lebih lanjut menjelaskan bahwa BNI juga melakukan penyesuaian pada jam operasional untuk cut off atau batas transaksi seperti trade, kliring, remitansi, real-time gross settlement (RTGS), dan garansi bank hingga pukul 14.00 WIB. Adapun untuk transaksi valuta asing (valas) batas waktunya berubah menjadi pukul 13.00 dari waktu normal 15.00 waktu setempat.
"Kami menganjurkan masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas e-Channel yang telah disediakan melalui Mobile Banking BNI," ujar Okki menekankan pentingnya beralih ke layanan digital bagi kemudahan transaksi selama Ramadan.
Masyarakat Diimbau untuk Optimalisasi Layanan Digital
Dalam upaya untuk tetap menjaga akses layanan keuangan yang luas dan cepat, BNI sangat mendorong nasabah untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi mobile banking mereka. Hal ini tidak hanya mempermudah transaksi tetapi juga membantu dalam meminimalisir antrean di kantor cabang, terutama pada bulan Ramadan yang sering kali lebih sibuk.
"Karena peningkatan aktivitas keuangan yang biasanya terjadi selama bulan ini, kami ingin memastikan bahwa setiap pelanggan memiliki pengalaman yang seamless saat menggunakan layanan kami," jelas Okki.
Keamanan dan Kenyamanan Layanan di Tengah Kesibukan Ramadhan
Dalam suasana bulan Ramadan yang memang dikenal dengan peningkatan aktivitas belanja dan transaksi lainnya, BNI menempatkan keamanan dan kenyamanan sebagai prioritas utama dalam pelayanannya. Langkah ini diambil agar para nasabah tetap dapat bertransaksi dengan tenang dan aman, meskipun dalam jadwal kerja yang lebih singkat.
BNI berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan layanan terbaik. Melalui berbagai platform digital yang canggih, BNI terus berinovasi agar dapat memenuhi kebutuhan keuangan yang dinamis. Nasabah juga dimudahkan dengan adanya jaringan Agen46 yang tersebar di berbagai lokasi, memungkinkan transaksi tetap dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
Adaptasi dan Inovasi di Tengah Perubahan
Langkah BNI dalam menyesuaikan jam operasional selama bulan Ramadan ini adalah contoh nyata dari adaptasi dan inovasi di dunia perbankan, yang harus selalu responsif terhadap kebutuhan nasabah dan kondisi sosial. Penyesuaian ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat tanpa mengganggu kenyamanan ibadah puasa selama bulan Ramadan.
Dengan demikian, bagi para nasabah BNI, perubahan ini bukanlah hambatan melainkan peluang untuk merasakan pengalaman baru dalam bertransaksi secara digital. Melalui komitmen ini, BNI menunjukkan bahwa meskipun ada penyesuaian dalam jam kerja, layanan kepada nasabah tetap menjadi prioritas yang tidak bisa ditawar.
Dengan adanya informasi ini, masyarakat diharapkan dapat mengatur waktu dan kebutuhan keuangannya dengan lebih baik selama bulan Ramadan, sehingga dapat menjalankan ibadah dan aktivitas sehari-hari dengan lebih lancar dan khusyuk. BNI berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan terbaik bagi semua nasabahnya di seluruh Indonesia.